Ingin Install Aplikasi Android di Komputer atau Laptop Anda? Coba Aplikasi Ini

Courtesy: thetechmania.com
Emulator Android, kadang ada yang menyebutnya sebagai simulator Android, adalah aplikasi yang bisa diinstall di komputer atau laptop yang digunakan untuk menjalankan Aplikasi yang berbasis Android. Emulator android ini sekarang sudah bisa diinstall di komputer yang berbasis Windows, Linux maupun Max OS dari Apple.

Pada umumnya, semua aplikasi Android yang ada di Google Playstore bisa diinstal melalui emulator ini, seperti Blackberyy Messenger (BBM), WhatsAps, Line, Clash of Clans, Angry Birds dan lain sebagainya. Namun ada beberapa aplikasi tertentu yang memang membutuhkan grafis yang tinggi, seperti aplikasi Maps/Peta, Game yang beresolusi tinggi seperti Dominations, dan lain-lain.

Aplikasi emulator android terbaik untuk komputer/laptop anda

Sebenarnya banyak software emulator android yang bisa Anda gunakan untuk menjalankan aplikasi Android pada windows atau Mac Anda. Namun, kali ini saya hanya akan membahas 6 emulator yang paling populer saja.


  • Bluestacks

Aplikasi Blustacks ini adalah salah satu emulator android yang pertama kali hadir sejak OS android mulai dirilis. Aplikasi yang berdiri sejak tahun 2011 ini merupakan salah satu emulator android terpopuler dan  paling banyak penggunanya di dunia. Selain tidak dipungut biaya atau gratis, aplikasi ini juga cukup ringan dijalankan di laptop atau komputer. Jika Anda ingin mengunduhnya, bisa melalui link berikut ini.
"http://www.bluestacks.com/download.html"

Baca juga: Cara bermain Clash of Clans di komputer atau laptop dengan aplikasi Bluestacks


  • Windroye

Emulator Windroye ini adalah emulator yang juga cukup ringan dan lebih stabil ketika dipakai di komputer/laptop. Sama halnya dengan bluestacks, aplikasi ini juga bisa diunduh dengan gratis. Saya sendiri sebenarnya lebih suka Windroye ketimbang saudara tuanya, bluestacks. Sayangnya, ukuran file Windroye yang cukup besar, yakni sekitar 262 MB, membuat orang malas untuk download aplikasinya, apalagi yang mempunyai kuota internet terbatas atau koneksi yang tidak stabil. Agar Windroye ini bisa berjalan dengan lancar dan minim gangguan, maka paling tidak RAM yang harus Anda miliki minimal sebesar 2 GB. Untuk mendownload Windroye, bisa melalui link berikut ini.
"https://goo.gl/B3yv55"



  • Youwave

Emulator android berikutnya adalah Youwave. Youwave adalah salah satu emulator android versi 4.0 (Ice Cream Sandwich) yang berbayar/premium. Harganya cukup murah, yakni sekitar USD 20. Namun, jika Anda ingin mencobanya, bisa download yang versi trialnya dulu. Berikut ini link downloadnya:
"https://youwave.com/store/"



  • Genymotion

Genymotion adalah emulator android yang sangat ringan, melebihi Bluestack dan Windroy. Emulator ini selain mempunyai performa yang cepat, sudah dilengkapi dengan sensor  Accelerometer, baterai, GPS dan lain-lain. Sama halnya dengan Youwave, Genymotion juga merupakan salah satu emulator premium. Namun tersedia juga versi gratisnya, tentunya dengan fitur-fitur yang terbatas. Bagi Anda yang ingin mencobanya, silahkan download di:
"https://www.genymotion.com/#!/store"



  • Jar of Beans

Jar of Beans ini merupakan salah satu emulator android yang cukup populer karena aplikasinya bersifat portable atau tanpa perlu diinstall di komputer atau laptop Anda. Meskipun gratis, aplikasi ini juga memiliki beberapa fitur yang handal seperti pengaturan resolusi, SD Card dummy, menu install apk sendiri, dan lain sebagainya.


  • Android SDK

Emulator Android SDK (Software Development Kit) adalah emulator resmi dari pihak Android developer. Selain sebagai simulator aplikasi android, Android SDK ini juga sengaja diciptakan untuk para developer aplikasi android yang ingin membuat atau mengembangkan aplikasi sendiri. Silahkan untuk ingin download melalui link berikut ini:
"https://developer.android.com/sdk/index.html"

Itulah beberapa aplikasi emulator android paling populer yang bisa Anda coba. Semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment